VP Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya mengatakan, DigiAds Ramadan Insight 2025 memberikan pemahaman tentang pola perilaku konsumen secara mendalam, memungkinkan pengambilan keputusan pemasaran yang lebih cerdas dan efektif selama Ramadan.
Whitepaper tersebut menjelaskan sejumlah tren konsumen yang terjadi selama periode Ramadan 2024, di antaranya peningkatan aktivitas digital yang mencapai 78 persen saat sahur dan 4 persen setelah tarawih dengan aplikasi fintech, perbankan, dan video streaming menjadi favorit konsumen.
Kemudian perubahan pola belanja, sebanyak 69 persen konsumen lebih memilih berbelanja offline, sementara belanja online memuncak pada minggu terakhir Ramadan di kota-kota besar.
Lalu metode pembayaran dominan belanja offline, cash menjadi metode pembayaran utama (50 persen), diikuti oleh QRIS (30 persen) dengan e-wallet dan online transfer yang mulai menarik perhatian.
“Mobilitas meningkat, terutama ke wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatra Utara,” ujar Arief.
Untuk merancang iklan digital Ramadan yang sukses pada 2025, Telkomsel DigiAds menyarankan bisnis untuk fokus pada tiga pilar utama, yakni audience, placement, konten, serta konsumsi media seperti TV dan video streaming juga meningkat tajam saat sahur dan menjelang berbuka, menciptakan peluang strategis untuk meningkatkan keterlibatan konsumen melalui konten kreatif yang otentik.
Discussion about this post