Lebih detail, 3 dari 4 fans bergabung dengan fanbase musisi Indonesia. Lalu, 40% bergabung dengan fandom K-pop dan kurang dari 20% orang mengikuti fanbase penyanyi barat. Fanbase musisi lokal yang paling banyak diikuti adalah Sheila Gank (Sheila on 7) sejumlah 47%, sementara untuk musisi internasional adalah Coldplayers yang merupakan fanbase Coldplay (43%), dan dari dunia K-pop adalah ARMY, fandom dari BTS (41%).
Menurut Aska, masifnya acara musik di Tanah Air saat ini tak lepas dari peran fanbase.
“Jika ditarik ke belakang, sebelum muncul antusiasme terhadap konser musik, sudah terbentuk terlebih dahulu minat penggemar terhadap musisi tersebut. Hal ini terlihat dari tren komunitas fanbase yang terus bertumbuh,” terang dia.
Lalu, apa saja acara musik yang paling dinantikan dalam enam bulan ke depan? Negara mana saja yang pernah didatangi untuk menonton konser musik atau mengunjungi spot ikonik idola? Dapatkan hasilnya dengan data mendetail dalam laporan Jakpat “Music Concert Trends & Fan Behaviors 2024”: https://insight.jakpat.net/music-concert-trends-fan-behaviors-2024-2/.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post