Selain itu, laki-laki cenderung melihat makanan yang tersedia di sekitar tempat tinggalnya sementara perempuan lebih suka mengetik nama makanan di aplikasi.
Sama halnya dengan memilih makanan, promo atau diskon menjadi pertimbangan besar saat memilih jenama aplikasi pesan-antar online bagi 65% responden. Faktor lainnya adalah harga yang lebih murah dibandingkan jenama lain (50%) dan loyalitas terhadap brand aplikasi penyedia layanan (50%).
“Sejak 2022 hingga kini, diskon masih menjadi faktor dominan dalam pemilihan aplikasi maupun restoran di layanan pesan-antar online, menandakan bahwa konsumen masih sangat bergantung pada promo untuk membuat keputusan. Meski begitu, tiap generasi punya pola berbeda: Gen Z lebih mengutamakan promo, sedangkan Milenial dan Gen X cenderung menyeimbangkan harga dengan kualitas rasa,” respons Hasna.
Saat memilih restoran di aplikasi pesan-antar makanan, 7 dari 10 responden memperhatikan promo/diskon, disusul ongkos kirim (58%) dan jarak dengan tempat tujuan (57%). Gen X dan Milenial lebih memperhatikan rasa makanan dibandingkan Gen Z saat menentukan restoran.
Soal brand, GoFood menjadi aplikasi pesan-antar makanan daring yang paling sering digunakan pada awal tahun 2025. Meski masih menduduki peringkat kedua, jumlah pengguna ShopeeFood turun hingga 11% dibandingkan tahun 2022.
Milenial dan Gen X lebih memilih menggunakan GoFood, sedangkan platform pesan-antar makanan favorit Gen Z adalah ShopeeFood.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post