Menghilangkan stres menjadi alasan berlibur bagi 66% responden. Jika diperinci, Milenial dan perempuan lebih tertarik wisata kuliner, sedangkan Gen Z dan laki-laki lebih fokus mencari pengalaman baru dan waktu untuk diri sendiri (me time).
Saat memilih lokasi wisata, tiga dari lima responden mempertimbangkan biaya. Milenial cenderung memperhatikan aktivitas yang bisa dilakukan, lokasi, dan variasi kuliner yang tersedia. Di sisi lain, Gen Z lebih memprioritaskan aspek keamanan dan tempat-tempat dengan spot foto menarik.
Research Lead Jakpat, Septiana Widi Sugiastuti menyoroti ketertarikan masyarakat dalam berwisata sambil melakukan kegiatan yang mendukung kesehatan fisik dan mental.
“Berkembangnya wellness tourism dapat memberikan peluang bagi industri pariwisata dengan mengembangkan paket wisata kesehatan atau program wellness. Ini bisa dipasarkan sebagai cara untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, khususnya untuk kalangan pekerja urban yang mencari destinasi pelepas penat,” kata dia dalam keterangannya, Selasa 5 November 2024.
Memilih Oleh-oleh
Sebanyak 63% responden menyiapkan dana untuk membeli oleh-oleh, terutama di antara mereka yang sudah memiliki anak. Jenis oleh-oleh yang paling digemari adalah makanan khas daerah, yang dipilih oleh 87% responden.
Discussion about this post