Promo Pena

Elektabilitas RAPI 46,9 Persen, Rusman-Bahrun 37,4 Persen

PENASULTRA.ID, KENDARI – Hasil Survey Fixpoll Research and Strategi Consulting, elektabilitas pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Muna LM. Rajiun Tumada-La Pili (RAPI) unggul telak dari rivalnya LM. Rusman Emba-Bahrun Labuta (Petahana).

Promo Pena

Direktur Fixpoll Research and Strategi Consulting, Muh. Anas mengatakan, survey Fixpoll diilakukan pada 17- 24 november 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 840 responden. Dan menggunakan metode multi stage random sampling margin error sebanyak 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kata Anas, sampel berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional, dimana responden terpilih di wawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

“Dari hasil wawancara 840 responden, Paslon Rusman Emba- Bahrun Labuta memperoleh 37,4 persen, sedangkan pasangan Rajiun Tumada – La Pili memperoleh 46,9 persen, sementara warga yang tidak menjawab 15,7 persen,” ucap Anas, dalam rilisnya, Rabu 2 Desember 2020.

Anas menyebut, salah satu faktor yang menyebabkan Rajiun lebih unggul daripada Rusman adalah sekitar 62 persen warga inginkan pergantian bupati. Sementara 38 persen inginkan petahana kembali melanjutkan kepemimpinan di Muna.

Promo Pena

“Itu tidak terlepas dari tingkat kepuasan masyarakat Muna yang begitu rendah terhadap kepemimpinan Rusman Emba selama lima tahun terakhir,” tuturnya.

Anas mengungkapkan, hasil debat kandidat belum lama ini turut berpengaruh terhadap tingginya keterpilihan Paslon RAPI. Dimana masyarakat Muna menganggap program kerja yang ditawarkan paslon nomor urut 2 lebih baik dibanding paslon nomor 1.

“Pembangunan Rajiun Tumada sebagai bupati Muna Barat jauh lebih konkrit di ceritakan di Muna, sehingga faktor kinerja Rajiun dianggap jauh lebih baik dibanding Rusman,” timpal Anas.

Sebelumnya Barometer Suara Indonesia (BSI) juga telah merilis hasil survey, dimana elektabilitas Paslon RAPI menempati 42,50 persen suara, mengalahkan rivalnya LM. Rusman Emba-Bahrun yang berada di 36,36 persen suara.

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.