“Jika ditanya alasan pakai, maka jawaban mereka akan beragam, tetapi ada satu hal yang sama di antara mereka yaitu trend & hype issue terhadap perangkat gadget yang kemudian menumbuhkan karakter FOMO (fear of missing out) sebagai gadget user,” tambah dia.
Smartwatch adalah wearable gadget terbanyak yang dimiliki oleh responden dengan persentase 68%. Tingkat pembelian produk ini masih tinggi dalam setengah tahun ke depan (66%). Kemudian, 63% responden memiliki true wireless stereo (TWS) atau earbuds, disusul smartband dan VR dengan persentase masing-masing 34% dan 23%.
Fungsi wearable gadget Wearable gadget umumnya digunakan untuk berbagai aktivitas. Sebagian besar responden menggunakannya untuk berolahraga, yaitu smart shoes (50%), smartband (41%), dan smartwatch (26%). Ada juga yang memakai wearable gadget seperti VR (60%), TWS/earbuds (38%), smart ring (32%), dan smart glasses (22%) untuk bersantai di rumah.
Kebanyakan pemakai smartwatch menggunakan device ini untuk bekerja (31%) sementara pemakai smart tag untuk traveling (35%). Selain itu, berbagai wearable gadget ini juga digunakan untuk berbagai aktivitas lain seperti nongkrong, belajar, bermain dengan rekan, hingga pesta.
Pertimbangan dalam memilih wearable gadget ada berbagai faktor. Beberapa di antaranya adalah fitur yang lengkap, kualitas material, durasi baterai, harga yang terjangkau, merek, hingga cara penggunaan yang mudah. Mencari informasi terkait barang yang dibeli adalah hal wajib, demikian juga bagi peminat wearable gadget.
Discussion about this post