PENASULTRAID, JAKARTA – Pasar makanan beku di Indonesia kini telah mencapai Rp200 triliun, dengan pertumbuhan signifikan yang didorong oleh gaya hidup urban yang sibuk. Perubahan preferensi konsumen ini tercermin dalam perubahan tren konsumsi makanan beku, yang semakin populer di kalangan masyarakat.
Jakpat melakukan survei terhadap 1.245 responden untuk mengungkapkan tren konsumsi makanan beku di Indonesia. Hasilnya memberikan gambaran tentang kategori produk yang diminati, alasan konsumen memilih makanan beku, serta faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian.
Konsumsi Makanan Beku dan Alasan Memilihnya
Makanan beku hadir dalam berbagai kategori, dengan olahan daging seperti sosis, nugget, dan bakso menjadi pilihan utama yang disukai oleh 91% responden. Selain itu, 63% responden juga mengonsumsi camilan beku seperti kentang goreng dan donat. Sebanyak 57% responden membeli daging beku, sedangkan 31% lainnya mengonsumsi sayur dan buah beku.
Alasan utama 86% orang mengonsumsi makanan beku karena kemudahan dalam persiapannya. Selain itu, penyimpanan yang mudah dan masa simpan yang panjang menjadi alasan berikutnya. Fenomena ini lebih banyak dirasakan oleh generasi Milenial yang cenderung mencari cara praktis dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
Discussion about this post