Bagi satuan pendidikan yang belum terdaftar sebagai SP/SMK-PK maka masih dapat menggunakan kurikulum 2013 (K-13) maupun kurikulum darurat dalam proses pelaksanaaan pembelajarannya.
Kurikulum Merdeka memiliki karakteristik khusus diantaranya proses kegiatan pembelajaran berbasis projek untuk mengembangkan keahlian siswa dengan tetap mengutamakan karakter personal siswa seperti iman, takwa, gotong royong, global, kreatif, dan kritis.
Selain itu kurikulum ini menitikberatkan esensi dari tiap materi pembelajaran sehingga literasi dan numerasi pada penilaian kompetensi dapat terpenuhi. Guru sebagai tenaga pendidik-pun lebih fleksibel dalam memilih muatan lokal yang seusai dengan kemampuan siswanya.
Ada beberapa perbedaan antara kurikulum merdeka dan kurikulum 2013, diantaranya yakni:
1. K-13 dirancang berdasarkan tujuan pendidikan nasional dan standar pendidikan nasional sedangkan kurikulum merdeka terdapat penambahan pengembangan profil pemuda pancasila.
2. Jam pelajaran (JP) pada K-13 diatur perminggu, sedangkan kurikulum merdeka diatur pertahun dengan alokasi waktu yang fleksibel, sehingga satuan pendidikan akan lebih mudah mengatur aktivitas pembelajaran misalnya pelajaran semester ganjil yang belum diajarkan dapat dilaksanakan di semester genap.
3. Pada K-13 ada 4 aspek penilaian yakni pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku sedangkan pada kurikulum merdeka aspek penilaiannya adalah projek penguatan profil pelajar pancasila, kegiatan intrakurikuler, dan ekstrakurikuler.
4. Penilaian dalam K-13 dilakukan persemester untuk setiap mata pelajaran sedangkan untuk kurikulum merdeka dilakukan per fase:
• Fase A (umumnya setara dengan kelas I dan II SD)
• Fase B (umumnya setara dengan kelas III dan IV SD)
• Fase C (umumnya setara dengan kelas V dan VI SD)
• Fase D (umumnya setara dengan kelas VII, VIII, dan IX SMP)
• Fase E (umumnya setara dengan kelas X SMA)
• Fase F (umumnya setara dengan kelas XI dan XII SMA).(***)
Penulis: Guru Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri 14 Buton Tengah
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post