Pemasukan Korea Selatan dari industri kreatif mereka tembus USD 5 Miliar per tahun dan diprediksi bakal terus meroket hingga 10 tahun mendatang.
Hyundai Research Institute pada tahun 2017 juga melakukan riset BTS efek terhadap peningkatan dan pemasukan ekonomi Korea Selatan.
Hasilnya? kunjungan wisatawan mancanegara ke Korea Selatan mencapai 800 ribu/tahun, profit dari consumer goods mencapai USD 2 Miliar, industri kosmetik menyumbang USD 2,8 Miliar dan industri makanan meningkat USD 3,9 Miliar pertahunnya.
Sebagai Brand Ambassador dari perusahaan otomotif Hyundai, BTS memberikan pemasukan hingga USD 504 Juta selain itu BTS juga telah meningkatkan kepercayaan dunia terhadap penanaman saham dan iklim investasi hiburan di Korea Selatan.
Industri kreatif adalah masa depan dan BTS adalah intelektual property Korea Selatan sekaligus mesin propaganda ekonomi mereka.
Indonesia dengan 10 Pemuda bagaimana?
Tentu kita pasti bisa dengan kata kunci “Harus Ada yang Kita Dominasi”.
Oke yah rekan-rekan semua Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, kita bertemu dilain kesempatan.(***)
Penulis adalah Staf Bidang Humas Polda Sultra dan Pelaku Industri Kripto
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post