PENASULTRA.ID, KENDARI– PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional IV Kendari melakukan transformasi digitalisasi di Terminal Petikemas Kendari New Port untuk meningkatkan kinerja operasional dan memberikan kemudahan kepada pengguna jasa.
Digitalisasi yang dilakukan pasca satu tahun Pelindo merger ini di antaranya Go Live Aplikasi My-TOS, My-Bills, My-Depo, Auto Gate, Truck Booking Sistem (TBS) dan Aplikasi Phinisi.
General Manager Pelindo Regional IV Kendari, Kapten Suparman mengatakan, digitalisasi ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) di beberapa pelabuhan, termasuk di Kendari.
“Melalui digitalisasi ini diharapkan dapat memberi multiplier effect kepada pengguna jasa dan peningkatan kinerja operasional agar dapat menekan biaya logistik dan mencegah korupsi di wilayah pelabuhan,” kata Suparman melalui rilis persnya, Jumat 30 September 2022.
Menurutnya, digitalisasi dilingkungan Pelindo Regional IV Kendari juga merupakan bagian dari transformasi yang telah dilakukan sejak akhir 2021 lalu hingga September 2022.
“Tentunya dalam rangka perbaikan sisi operasional untuk peningkatan kinerja, di mana saat ini seluruh sistem pembayaran telah dilakukan secara sistem elektronik atau non tunai untuk menghindari terjadinya pungli,” ujar Suparman.
Discussion about this post