Kebiasaan dalam Belanja Online
Tiga dari 10 pengguna e-commerce mengaku berbelanja online pada pukul 18.00-21.00. Artinya, mereka lebih suka berbelanja setelah beraktivitas seharian. Berbeda dengan pengguna quick-commerce, sebanyak 27% dari responden belanja pagi menjelang siang, pukul 09.00-12.00.
Dari segi metode pembayaran, baik pengguna e-commerce maupun quick-commerce lebih senang memakai dompet digital (e-wallet). Metode lain yang juga disenangi adalah cash on delivery (COD) dengan persentase sekitar 60% untuk keduanya.
Efektivitas Live Shopping & Affiliate Link
Live shopping dan tautan afiliasi (affiliate link) adalah dua strategi pemasaran daring yang sudah dikenal luas. Keduanya menawarkan cara unik untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Sembilan dari 10 responden Jakpat mengaku pernah menonton live shopping dan 64% dari mereka melakukan transaksi via fitur tersebut.
Sementara itu, 81% pembeli online pernah membuka affiliate link dari media sosial dan setengah dari mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Apa saja pertimbangan dalam memilih platform belanja online? Apa saja merek e-commerce dan quick-commerce yang paling banyak digunakan? Bagaimana persepsi masyarakat terhadap masing-masing merek e-commerce dan quick-commerce di Indonesia?
Dapatkan hasilnya dengan data mendetail dalam laporan Jakpat “Indonesia E-commerce Trends – 1st Semester of 2024” pada tautan berikut: https://insight.jakpat.net/indonesia-e-commerce-trends-1st-semester-of-2024/.
Editor: Ridho Achmed
Jangan lewatkan video populer:
Discussion about this post