PENASULTRA.ID, JAKARTA – Perubahan landscape perekonomian kian terdorong dengan kehadiran teknologi. Perusahaan kini tengah berupaya melakukan transformasi digital agar bisa kian relevan dengan perubahan zaman.
Tingginya permintaan akan talenta digital membuat strategi rekrutmen menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh tiap institusi yang tengah berupaya melakukan transformasi digital.
Hal ini yang coba dibahas pada Webinar Fincourage 3.0 bertajuk ‘Strategi Rekrut Talenta Digital Untuk Bertahan di Tengah Perubahan Zaman.
Direktur Sistem Pengadaan Digital Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Patria Susantosa menjelaskan, lembaga pemerintah harus bisa memiliki strategi yang tepat agar bisa menghadirkan yang terbaik dalam proses pelayanan masyarakat dengan cepat.
“Tuntutannya bukan cuma mencapai tujuan organisasi, tapi mencapai tujuan organisasi secara cepat. Supaya public bisa dilayani dengan cepat. Oleh karena itu, kita harus lebih cermat melihat mana yang bisa menggunakan sumberdaya internal, dan mana yang eksternal (outsource), sesuai dengan kapasitas dan core-business organisasi,” ujar Patria dalam keterangannya, Kamis 8 Juni 2023.
“Pelan-pelan kita harus pindahkan dari Capex menjadi Opex, harus beralih dari Swakelola menjadi penyedia jasa, supaya lebih fokus pada tugas pelayanan dan aspek yang lebih strategis,” tambahnya.
Sementara itu, CEO BINAR Alamanda Shantika mengatakan, solusi rekrutmen yang cost effective bagi transformasi digital.
“Tingginya demand akan talenta digital membuat perusahaan harus memiliki strategi yang tepat agar bisa melakukan transformasi digital namun tetap mengedepankan cost effectiveness. Oleh karena itu, pemilihan kualitas talenta, durasi kerja dan kuantitas karyawan menjadi penting untuk dipetakan oleh tiap perusahaan,” katanya.
Discussion about this post