PENASULTRA.ID, SOLO – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di sektor UMKM harus terus mengasah kemampuan teknologi digital untuk membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.
Hal tersebut diungkap Menparekraf Sandiaga saat menjadi pembicara kunci dalam “Talkshow Literasi Digital Marketing Khususnya Tiktok” yang digelar Kemenparekraf bersama HIPMI Surakarta, Sabtu 29 April 2023.
Ia mengatakan, potensi UMKM di era digital sangat besar. Tercatat 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh UMKM dan sebesar 60 persen ekonomi nasional juga ditopang oleh UMKM.
“Penciptaan lapangan kerja (oleh UMKM) ini bisa dijawab selama kita memiliki skill. Oleh karena itu pelatihan digital marketing ini dilakukan untuk melatih para pelaku UMKM baru untuk bisa menguasai pasar,” kata Sandiaga dalam kegiatan yang berlangsung di Taman Sunan Jogokali, Solo itu.
Sandiaga mengatakan, saat ini peran media sosial sangat besar khususnya di platform TikTok. Tidak hanya menjadi ruang berkreasi seni, tapi kini juga dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk bahkan peluang investasi.
Terlebih berdasarkan data, saat ini jumlah masyarakat Indonesia yang terhubung dengan media sosial lebih dari 133 persen dari populasi nasional.
Discussion about this post