PENASULTRAID, JAKARTA – Industri kecantikan terus berkembang dengan produk-produk yang semakin beragam. Dari perawatan kulit dan tubuh, hingga makeup, ada banyak pilihan yang disesuaikan dengan berbagai jenis kulit.
Banyak merek yang kini juga mengutamakan bahan alami dan kemasan ramah lingkungan. Hal ini memberikan konsumen lebih banyak pilihan untuk merawat kulit dengan cara yang lebih sehat dan berkelanjutan.
Jakpat mengadakan sejumlah survei untuk mengetahui perilaku dan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan berbagai produk kecantikan pada 2024.
Laporan yang melibatkan total hampir 5.000 responden Jakpat ini membahas tiga kategori: makeup, perawatan wajah (skincare), dan perawatan tubuh (bodycare). Para responden terdiri dari Gen Z, Milenial, dan Gen X.
Tren kosmetik (makeup)
Pada 2024, tinted sunscreen menjadi produk riasan wajah yang paling popular digunakan dengan persentase 37%, disusul cushion (36%) dan BB/CC cream (30%).
Selain itu 28% responden membeli liquid foundation dan 14% membeli face primer. Riset ini melibatkan 1058 responden perempuan.
Terdapat berbagai pertimbangan dalam memilih makeup. Tiga hal terbanyak yang dinilai penting adalah produk yang cocok untuk kulit, hasil yang bagus di wajah, dan kandungan dalam produk makeup tersebut.
Terkait tempat pembelian makeup, 85% dari para responden mengandalkan e-commerce dan 55% membeli secara langsung di toko kosmetik lokal.
Tren perawatan kulit (skincare)
Vitamin C menjadi bahan skincare yang paling diminati, dengan lebih dari separuh responden mengklaim bahwa ada kandungan tersebut dalam produk yang mereka gunakan.
Kandungan lain yang juga dimiliki dalam produk skincare adalah niacinamide (47%) dan vitamin E (46%). Survei ini melibatkan 1700 responden perempuan dan laki-laki.
Discussion about this post