PENASULTRAID, JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir brand Indonesia terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Sejumlah merek lokal berhasil mendominasi pasar domestik dan bahkan merambah pasar ekspor.
Kategori seperti makanan dan minuman, kosmetik, hingga berbagai produk lokal lainnya kini mampu bersaing dengan brand global, menjadi bukti nyata bahwa brand Indonesia semakin mendapatkan tempat di hati konsumen.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menyebut, pertumbuhan positif ini tak lepas dari berbagai faktor pendukung, seperti percepatan perizinan oleh pemerintah, ekosistem bisnis yang semakin kondusif, serta inovasi tiada henti dari para pelaku brand lokal.
Produk-produk lokal kini tidak hanya unggul dari sisi kualitas, namun juga semakin relevan dengan kebutuhan dan preferensi konsumen modern. Pertumbuhan brand dalam negeri juga didorong oleh perkembangan infrastruktur distribusi, logistik, dan sistem pembayaran yang semakin maju.
Penguatan tren digital seperti pemanfaatan media sosial dan strategi live streaming, menjadi sarana penting dalam membangun komunikasi dua arah yang efektif antara brand dan konsumennya.
“Di tengah tantangan dan dinamika pasar, brand lokal dituntut untuk tetap adaptif. Inovasi berkelanjutan dan pemanfaatan teknologi digital menjadi kunci agar brand Indonesia dapat terus bertumbuh dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif,” ujar Tri Raharjo dalam keterangannya, Senin 4 Agustus 2025.
Sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan brand-brand lokal, Infobrand.id bersama TRAS N CO Indonesia kembali menghadirkan Brand Indonesia Excellence Award 2025, sebuah ajang penghargaan bergengsi yang ditujukan bagi brand Indonesia yang unggul dalam membangun popularitas, keterpilihan, dan kepuasan konsumen, khususnya di ranah digital.
Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id menjelaskan, Brand Indonesia Excellence Award adalah simbol keunggulan dan keterpilihan konsumen atas brand Indonesia. Lebih dari sekadar penghargaan, ini merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi brand lokal dalam pertumbuhan industri dan perekonomian nasional.
“Penghargaan ini juga menjadi motivasi bagi brand-brand lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan standar kualitasnya. Diharapkan melalui penghargaan ini, kepercayaan publik terhadap brand lokal akan semakin meningkat, menjadikannya pilihan utama di pasar dalam negeri dan berpotensi besar untuk bersaing di pasar global,” ujar Susilowati Ningsih, dalam The 30th Infobrand Forum & Awarding Ceremony Brand Indonesia Excellence Award 2025, yang digelar di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, Kamis 31 Juli 2025.
Untuk menentukan peraih penghargaan, dilakukan berdasarkan riset dan penilaian Brand Indonesia Excellence Indeks 2025, yang dilakukan dengan pendekatan Digital Research untuk menganalisa data brand di internet melalui mesin pencari dan official online store brand di Marketplace di Indonesia.
Proses riset dan penilaian di lakukan mulai bulan Februari-April 2025 terhadap 8.791 brand terriset di Indonesia, dengan mengacu kepada tiga aspek parameter penilaian.
Pertama, Digital Brand Aset Aspect, untuk memastikan bahwa brand-brand terriset merupakan merek Indonesia yang memiliki hak ekslusif atas merek dibuktikan dengan status didaftar, kewarganegaraan Indonesia atau berbadan hukum Indonesia, dan brand-brand tersebut memiliki official online store yang terdaftar secara resmi di Marketplace di Indonesia.
Discussion about this post