PENASULTRA.ID, JAKARTA – Indonesia Local Brands Expo (ILBE) 2020 masih berlangsung ditengah mewabahnya pandemi Covid-19 saat ini.
Kegiatan yang digagas oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) ini merupakan terobosan untuk mempercepat digitalisasi produk merek lokal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) anak bangsa, sekaligus membangkitkan usaha yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.
Dengan adanya ILBE 2020 yang mulai terselenggara pada 20 November hingga 7 Desember 2020 ini diharapkan para pelaku UMKM dapat memaksimalkan potensi digital seiring dengan infrastruktur pendukungnya yang mulai memadai.
Dalam catatan pemerintah sebagaimana disampaikan Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto di Jakarta, Jumat, 20 November 2020, terdapat 160 juta penduduk di Indonesia aktif berdagang online di e-commerce. Dengan angka tersebut, nilai penjualan di 2020 mencapai Rp446,7 juta triliun.
“Nominal ini meningkat 400 persen dibandingkan tahun 2017 di posisi Rp124,9 triliun. Sebanyak 63 persen, atau 168,3 juta populasi penduduk Indonesia aktif menggunakan internet,” kata Agus saat memberikan sambutan pembukaan Pameran Virtual ILBE 2020.
Menurut Agus, pameran ILBE 2020 akan sangat membantu para pelaku UMKM, lisensi dan waralaba menuju digitalisasi. Terlebih platform bagi pelaku UMKM, waralaba dan lisensi telah disediakan oleh penyelenggara pameran.
Agus mengatakan, terkait pola usaha lisensi yang mengajarkan para pelaku UMKM untuk mengerti dan memahami sekaligus menghargai Hak Kekayaan Intelektual (HKI), sebagai dasar skema bisnis lisensi atau waralaba.
Discussion about this post